Home » » Alasan Kenapa Ada Piracy (Pembajakan)

Alasan Kenapa Ada Piracy (Pembajakan)

Alasan Kenapa Ada Piracy (Pembajakan)Semua orang kalau ditanya tentang pembajakan (piracy) pasti bilang tidak setuju. Namun meskipun tidak menyetujui pembajakan, kadang kadang malah menggunakan produk bajakan juga. Kanapa sih orang masih menggunakan product bajakan? . Sy akan batasi pembahasannya hanya produk content digital misalnya musik atau video/film.
Stop Online Piracy Act
Alasan paling sederhana, kenapa kita menggunakan produk bajakan adalah karena gratis atau jauh lebih murah.
Alasan lainnya diantaranya:
  1.  Content yang kita cari tidak ada yg originalnya, malah bajakannya sudah ada, sehingga mau tidak mau harus menikmati content bajakan.
  2. Content yang ingin dinikmati ternyata tidak ada di wilayah negaranya (geo-restricted), dengan adanya internet yang borderless maka content bisa didapatkan dimana saja meskipun bajakan.
  3. Content yang akan dinikmati ingin di view atau di play di banyak device dan dimana saja kesukaan kita. Selanjutnya kita convert content yang telah kita unduh ke multi format yang diterima oleg gadget kita. (ini membajak lho).
  4. Content yang ingin kita nikmati ada password nya alias ada DRM (Digital Right Management) nya.
Kelima alasan diatas sebenarnya dapat menjadi feedback bagi services provider atau content owner yang tidak ingin karyanya dibajak. Bagaimana kita membuat service atau product yang dapat memenuhi keinginan user sehingga user tidak perlu membajak namun membeli produk originalnya.
Let’s think: membuat suatu layanan yang dihadirkan secara gratis atau murah, monetizing bisa dilakukan dengan banyak cara. The money may not come from the content itself, but it will come from the product/features we sell around the content. Misalnya bila sudah banyak pengunjungnya, kita bisa moneytise melalui advertising, bisa merchandising bila brand nya sudah sangat kuat, dll.
Menghadirkan content dengan multi format di multi device dan dapat dinikmati dimana saja adalah solusi untuk mempermudah content dimaksud dapat dinikmati.
User experience juga harus dibuat menarik, mudah dan exiting sehingga meskipun membayar, user akan stay (betah) untuk tetap menikmati atau membeli content content kita. Hadirkan ‘good user experience’ di layanan kita. Sekian.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Pelanggaran Piracy - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger