Home » » Kasus Pembajakan Industri Musik

Kasus Pembajakan Industri Musik

Kasus Pembajakan Industri Musik - Pembajakan industri musik di indonesia ini sangat banyak terjadi, bahkan hasil dari pembajakan industri musik ini bisa menguasai pasar. Kerugian yang dialami para musisi bukan hanya kerugian materil, tapi kerugian daya kreatifitas musisi yang dijiplak oleh para tangan kreatif. Karna dengan ulah para pembajak bisa terjadi mematikan daya kreatifitas musisi dalam berkarya.

gambar ilustrasi
Realitas buruk ini sangat mengancam industri kreatif dibidang musik. Dalam kasus pembajakan banyak industri musik yang mengalami kegelisahan. Karna dalam realitas nya tak ada satu lagu pun yang bisa lolos dari pembajakan. Bahkan lagu nyanyian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun dibajak. Ini menandakan pembajakan lagu di Indonesia sudah semakin berkembang dan tidak peduli siapa pemilik lagu tersebut.

Pembajakan yang terjadi selama ini belum bisa ditangani oleh aparat penegak hukum. Bahkan pengawasan pemerintah juga kurang maksimal sehingga lemahnya pengawasan dimanfaatkan oleh produsen ilegal. Sekarang ini para pengusaha rekaman sudah mulai mengantisipasi pembajakan dengan adanya Ring Back Tone (BT) yang kini banyak diminatin karna banyaknya pemilik handphone. Walaupun tidak menutup kemungkinan kalo ring back tone tersebut masih bisa dibajak.

Alasan para tangan kreatif ini dalam melakukan pembajakan karna rata-rata harga jual yg ditawarkan dalam pembelian VCD maupun DVD terlalu mahal dan jarang dtemui kecuali di toko-toko kaset yang ternama. Alasan lain nya juga karna banyak nya fasilitas internet yang menawarkan download lagu gratis sehingga membuat orang menarik dan tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Untuk itu sebaik nya masalah pembajakan yang selalu terjadi di industri musik ini harus segera diatasi. Aparat penegak hukum bahkan pemerintah harus bisa menangani masalah ini supaya para musisi dapat terus berkarya dan menghasilkan kreatifitas yang menarik untuk industri musik. Dengan terberantas nya masalah pembajakan setidak nya dapat menambah pemasukan Negara.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Pelanggaran Piracy - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger